4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Hadits Nabi Muhammad SAW

Artikel » 4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Hadits Nabi Muhammad SAW

Sebagai ayat ke 225 dari surat Al Baqarrah, ayat kursi memiliki berbagai keutamaan yang jauh lebih besar dari ayat lainnya dalam Al Quran. Ayat kursi adalah ayat yang paling mulia. Umat muslim setiap harinya mengamalkan ayat kursi ini agar memperoleh keutamaan ayat kursi yang agung itu.

Bagi umat muslim, ayat kursi banyak dikenal sebagai ayat pengusir/melawan setan. Syaikh Umat Sulaiman Al Asyqar mengatakan “Yang paling baik digunakan untuk melawan jin yang masuk kedalam tubuh manusia adalah dzikir kepada Allah, dan bacaan Al Quran. Dan yang paling besar dari itu adalah bacaan ayat kursi, karena sesungguhnya orang yang membacanya saat mau tidur maka akan selalu dilindungi oleh penjaga dari Allah, dan ia tidak akan didekati oleh setan hingga subuh.

Membaca ayat kursi tidak hanya akan mendapatkan pahala, namun juga memiliki berbagai keutamaan. Terdapat 4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Rasulullah SAW. Keutamaan  ayat kursi dijelaskan Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya,

“Ayat kursi ini memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadits sahih dari Rasulullah SAW disebutkan bahwa  Ayat Kursi merupakan ayat teragung terdapat dalam Al-Qur’an” (Tafsir Al-Quran Al-‘Azhim).


Berikut ini 4 keutamaan Ayat Kursi menurut Rasulullah SAW


1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran



Dalam hadits riwayat muslim dikisahkan Suatu ketika Rasulullah SAW bertanya kepada Ubay bin Ka’ab



“Ayat manakah yang paling agung di dalam Al Quran?”



Ubay menjawab, “Ayat kursi.”



Rasulullah kemudian menepuk dada Ubay dan berkata,”Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang kau miliki.”


Ayat kursi merupakan ayat yang paling agung karena didalam ayat tersebut terdapat nama Allah SWT yang agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum



2. Keagungan Ayat Kursi Yang Melebihi Langit dan Bumi

 

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah Allah SWT menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi”

Sabda Rasulullah diatas dapat diartikan bahwa betapa agung dan keutamaan ayat kursi ini melebihi langit dan bumi yang Allah SWT ciptakan.

Dalam sebuah hadits, Sufyan ats-Tsauri berkata “Sebab ayat kursi ini merupakan (salah satu) Kalamullah (perkataan Allah SWT), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah SWT yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi)


3. Ayat Kursi sebagai ayat pelindung diri dari Setan

Dalam hadits riwayat AL Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacakanlah Ayat Kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa menjagamu dan Syaitan tidak akan mendekatimu hingga waktu subuh” (HR. Al-Bukhari).

Amalkan ayat kursi sebelum setiap Anda ingin pergi tidur agar terhindar dari setan yang akan mengganggu tidur dan mimpi Anda.

 


4. Ayat Kursi sebaga kunci surga

 

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).


Beberapa hadits diatas mengungkapkan 4 keutamaan Ayat Kursi menurut Nabi Muhammad SAW. Membaca dan menghafal ayat kursi terbilang cukup mudah. Oleh karena itu, apabila kita tekun mengamalkan Ayat kursi, maka kita akan mendapatkan keutamaan yang begitu besar yang terkandung dari ayat yang paling agung ini.

 

Semoga bermanfaat dan selalu diberkati oleh Allah SWT melalui ayat-ayat suci Al Quran yang kita baca.

 

 

 

 

Alamat Kantor

Perum Pankis Griya - Rumah No.1

Jl. Pakis Raya, RT.01/06, Jepang Pakis,

Jati, Kudus, Jawa Tengah,

Indonesia - 59342

 

Call Center 1

Telepon & SMS : 085712999772

WhatsApp : 085712999772

Email : SpiritualPower88@gmail.com

 

Call Center 2

Telepon & SMS : 082223338771

WhatsApp : 082223338771

Email : bagianpemesanan@gmail.com

 

*Note : Kode area Indonesia (+62)
Contoh : +6282223338771

 

Untuk respon cepat silahkan

Telepon/SMS

 

Jam Kerja

Senin-Sabtu, pukul 08:00-22:00 WIB

Sebelum datang, telepon dulu.

 

Praktek Supranatural Resmi

Terdaftar di Dinas Kesehatan & Kejaksaan

STPT DINKES: 445/515/04.05/2012

KEJARI: B-18/0.3.18/DSP.5/12/2011

Lihat Bukti Legalitas - Klik Disini